Profil

bumi

Apa itu Geodesi?

Geodesi adalah cabang dari matematika terapan yang menentukan melalui pengamatan dan pengukuran posisi yang pasti dari titik – titik di permukaan bumi serta ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi, bentuk dan ukuran bumi dan variasi gaya berat bumi. Salah satu contoh bentuk produk pekerjaan Teknik Geodesi adalah berupa Peta Topografi yang sangat diperlukan oleh berbagai pihak, baik perseorangan (Peta pada Sertifikat Tanah, Peta PBB), instansi pemerintah maupun instansi swasta.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Geodesi
Ahli Geodesi dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan di Instansi Pemerintah antara lain Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Informasi Geospasial ( BIG ), LIPI, BPPT, Lembaga Oceoanografi Nasional, Direktorat Pajak Bumi Bangunan, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, BAPPEDA baik di Propinsi maupun Kabupaten/Kota, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga , Instansi Militer (TNI) dan lain-lain.
Sedangkan di sektor swasta antara lain Kontraktor, Konsultan Perencana, Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (Nasional atau Asing), Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Properti dan lain-lain.

Leave a Reply