Sejarah

sejarah mozaik

Geodesi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menentukan bentuk dan ukuran bumi, serta pemetaan di daratan maupun lautan. Salah satu bentuk visual yang dihasilkan tenaga ahli geodesi yang sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan adalah peta cetak maupun peta digital yang telah terintegrasi dalam bentuk Sistem Informasi Geografik.

Peta mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.. Pengurusan sertifikat tanah memerlukan peta, penentuan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan memerlukan peta, pengurusan IMB memerlukan peta dan masih banyak lagi. Di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum hampir semua kegiatan perencanaan sarana infrastruktur seperti perencanaan jalan, jembatan, saluran irigasi, bendungan dan lain-lain selalu memerlukan peta.

Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang survey dan pemetaan untuk berbagai instansi pemerintah maupun swasta jumlahnya sangat besar, sementara SDM yang tersedia jumlahnya sangat terbatas. Di Indonesia pada saat ini ada 4 PTN yang menyelenggarakan pendidikan Teknik Geodesi yaitu : ITB, UGM, ITS dan UNDIP. Sedangkan PTS di Indonesia yang menyelenggarakan program studi teknik geodesi hanya 5, yaitu : ITENAS Bandung, UNWIM Bandung, ITN Malang, UNPAK Bogor dan ITP Padang. Semua perguruan tinggi baik PTN maupun PTS yang menyelenggarakan pendidikan teknik geodesi tersebut berada di luar wilayah Jawa Tengah.
Mengingat besarnya kebutuhan SDM bidang Survey Dan Pemetaan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro membuka Program Studi Teknik Geodesi, yang telah disetujui Departemen Pendidikan Nasional, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan ijin penyelenggaraan pendirian Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang dengan surat bernomor 3774/D/T/2004, tanggal 15 September 2004 dengan Ketua Program Studi yang pertama dijabat oleh Ir. Bambang Sudarsono, MS. dengan Sekretaris Program : Ir. Hani’ah (2005 – 2009; 2009 – 2013). Untuk periode sekarang Ketua Program dijabat oleh Ir. Sawitri Subiyanto, M.Si., dengan Sekretaris Program : Moehammad Awaluddin, ST., MT. ( 2013 – 2017 ).

Leave a Reply