Apa itu Geodesi?

Geodesi adalah cabang dari matematika terapan yang menentukan koordinat melalui pengamatan dan pengukuran posisi yang pasti dari titik – titik di permukaan bumi serta ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi, bentuk dan ukuran bumi dan variasi gaya berat bumi. Salah satu contoh bentuk produk pekerjaan Teknik Geodesi adalah berupa Peta Topografi yang sangat diperlukan oleh berbagai pihak, baik perseorangan (Peta pada Sertifikat Tanah, Peta PBB), instansi pemerintah maupun instansi swasta.

Program Studi Geodesi di Indonesia

Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang survey dan pemetaan untuk berbagai instansi pemerintah maupun swasta jumlahnya sangat besar, sementara SDM yang tersedia jumlahnya sangat terbatas. Hingga saat ini, di Indonesia hanya ada 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan Teknik Geodesi yaitu : Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang menyelenggarakan program studi teknik geodesi ada 8, yaitu : Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, Universitas Winaya Mukti Bandung, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Universitas Pakuan Bogor, Institut Teknologi Padang (ITP), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Universitas Lampung.

Sejarah Berdiri Geodesi Undip

Mengingat besarnya kebutuhan SDM bidang Survey Dan Pemetaan, pada tahun 2004, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro membuka Program Studi Teknik Geodesi, yang telah disetujui Departemen Pendidikan Nasional. Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dilaksanakanlah penyelenggaraan pendirian Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang dengan surat bernomor 3774/D/T/2004. Tepatnya pada tanggal 15 September 2004 didirikanlah Program Studi Teknik Geodesi dengan Ketua Program Studi yang dijabat oleh Ir. Bambang Sudarsono, M.S. dengan Sekretaris Program : Ir. Hani’ah, M.Si.(2005 – 2009; 2009 – 2013). Kemudian pada periode 2013 – 2017 Ketua Program Studi dijabat oleh Ir. Sawitri Subiyanto, M.Si., dengan Sekretaris Program : Moehammad Awaluddin, ST., MT. Pada tanggal 15 Maret 2018, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., melantik 22 pejabat baru dan pengambilan sumpah PNS di Hall Senat Akademik-MWA  Undip. Salah satu di antara 22 pejabat tersebut yaitu Dr. Yudo Prasetyo, ST., MT. yang dilantik sebagai Ketua Departemen Teknik Geodesi Undip periode tahun 2018 – 2022.

Visi dan Misi

visi

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro didirikan dengan mencanangkan visi:

Menjadi Program Studi Teknik Geodesi yang unggul di tingkat Nasional dan Internasional berbasis riset pada tahun 2020

Misi dari Program Studi S1 Teknik Geodesi adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan profesional dalam bidang geospasial.
  2. Melaksanakan dan selalu meningkatkan kegiatan penelitian secara intensif dan berkala bagi tenaga pengajar dan mahasiswa, dalam bidang geospasial.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta turut berpartisipasi dalam penyelesaian masalah pembangunan yang terkait dengan bidang geospasial.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder untuk menciptakan profesionalitas dan kemandirian dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan.
  5. Menyelenggarakan tatakelola yang baik (good governance) untuk menjamin kualitas, profesionalitas, kapabilitas, dan akuntabilitas.

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, mandiri, tanggung jawab, mumpuni serta tangguh dalam ilmu pengetahuan sebagai wujud jati diri pribadi yang COMPLETE yaitu yakni communicator, professional, leader, educator, thinker, dan entrepreneur.
  2. Menghasilkan penelitian yang mempunyai dampak pada level nasional dan internasional serta memberikan manfaat kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan suatu layanan masyarakat yang memberikan kontribusi positif bagi kemajuan industri maupun masyarakat.
  4. Menghasilkan sistem pendidikan dengan tata kelola yang baik (good governance) sehingga menjamin diperoleh lulusan, penelitian dan layanan masyarakat yang berkualitas.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Geodesi

Ahli Geodesi dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan di Instansi Pemerintah antara lain Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Informasi Geospasial ( BIG ), LIPI, BPPT, Lembaga Oceoanografi Nasional, Direktorat Pajak Bumi Bangunan, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, BAPPEDA baik di Propinsi maupun Kabupaten/Kota, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga , Instansi Militer (TNI) dan lain-lain.
Sedangkan di sektor swasta antara lain Kontraktor, Konsultan Perencana, Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (Nasional atau Asing), Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Properti dan lain-lain.


Leave a Reply

Pencarian

Kalender

September 2018
M T W T F S S
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Kategori