Kuliah Umum “Prospek Pekerjaan Informasi Geospasial dan Proses Sertifikasi Sumber Daya Manusia Informasi Geospasial di Indonesia”

Kuliah Umum “Prospek Pekerjaan Informasi Geospasial dan Proses Sertifikasi Sumber Daya Manusia Informasi Geospasial di Indonesia”

Category : Pengumuman

Kuliah Umum

“Prospek Pekerjaan Informasi Geospasial dan Proses Sertifikasi Sumber Daya Manusia Informasi Geospasial di Indonesia”

Selasa 18 September 2018 di Gedung Dekanat LT.3

Pembicara:

Ir. Nicolas Sutopo (PT. Adicon Mulya)

Dr.rer.nat. Sumaryono, M.Sc. (Badan Informasi Geospasial)

Haryuatmanto (PT. Waindo specTerra)

Pembicara pertama adalah Bapak Ir. Nicolas Sutopo (PT. Adicon Mulya) memberikan pemaparan mengenai Prospek Pekerjaan Informasi Geospasial di Indonesia. Bapak Sutopo menyampaikan bahwa peluang kerja di bidang Informasi Geospasial tidak akan pernah habis, karena:

  1. Peta Digital Rupa Bumi Indonesia dari BIG selalu memerlukan UPDATING (Perkotaan 5 Tahun, Pedesaan 10 Tahun).
  2. Sertipikat Tanah di BPN memerlukan Peta Bidang Tanah (Pendaftaran,Pemecahan, Penggabungan Bidang Tanah, Rekonstruksi Batas diperlukan Pengukuran dan Pemetaan).
  3. Disetiap Pekerjaan Perencanaan Detail Desain (Jalan, Jembatan, Bandara, Dermaga, Bendung, Waduk dan lain-lain)  diperlukan Peta Skala Besar Baru.

 

Bapak Sutopo menjelaskan bahwa peluang kerja Sarjana Geodesi/Geomatika cukup banyak di instansi pemerintah maupun swasta, sehingga lulusan Geodesi/Geomatika diharapkan memiliki sertifikasi profesi seperti Sertifikasi Profesi Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) dan Surveyor Kadaster Berlisensi (SKB) untuk menunjang kopetensi dalam bekerja. Bapak Sutopo juga menjelaskan bagaimana alur untuk memperoleh sertifikasi profesi.

Pembicara Kedua adalah Bapak Dr.rer.nat. Sumaryono, M.Sc. (Badan Informasi Geospasial) memberikan pemaparan mengenai pengembangan profesi dan industri Informasi Geospasial. Dalam materinya beliau memberikan pengarahan mengenai tuntutan kehandalan SDM dan industri IG. Pada kenyataannya jumlah SDM masih kurang dari yang dibutuhkan, baik kuantitas, kualitas maupun persebarannya. Beliau menjelaskan peluang kerja di bidang IG sangat besar hingga tahun 2024. Tetapi, SDM IG juga harus meningkatkan kompetensi karena adanya ASEAN Economic Community (AEC). Perlunya standar kompetensi agar SDM IG dapat bersaing dengan negara lain dengan acuan SKKNI dan KKNI IG.

 

Pembicara Ketiga adalah Bapak G. Haryuatmanto (PT. Waindo specTerra) memberikan pemaparan mengenai Industri Geospasial di Indonesia. Beliau mengutip perkataan dari “Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) yaitu Hasanuddin Zainal Abidin menyatakan Indonesia masih kekurangan industri yang bergerak pada bidang geospasial untuk mewujudkan kemandirian informasi geospasial (IG) pada 2019”, sehingga masih banyak peluang usaha di bidang Informasi Geospasial. Beliau juga menjelaskan secara rinci peluang-peluang kerja untuk lulusan Geodesi/Geomatika mulai dari awal karier hingga jadi manager.

Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai dengan jumlah peserta sekitar 60 orang. Kegiatan ini diharapkan para peserta mengetahui prospek dan peluang pekerjaan serta mengerti bagaimana proses sertifikasi untuk bidang Informasi Geospasial, serta tentunya penting sekali kegiatan ini bagi Departemen Teknik Geodesi Universitas Diponegoro untuk menjalin silaturahim dengan Badan Informasi Geospasial, PT. Adicon Mulya, dan PT. Waindo specTerra.

Penulis : Nurhadi Bashit dan Selli Angelita BR Sitepu


1 Comment

Masyhar Undip

October 10, 2018 at 3:27 pm

Semoga Kegiatan Kuliah Umum dapat di adakan rutin

Leave a Reply

Pencarian

Kalender

October 2018
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori